Nama NIM
Sanda Arga : 2013 81 001
Ikhwan Kurniawan : 2013 81 087
Ahmad Mujib : 2013 81 089
Dwi Suryaharyanto : 2013 81 091
Fakultas Ilmu Komputer
Jurusan Teknik Informatika
Universitas Esa Unggul
2016
A.
KajianTentang Usability
Kajian tentang
usability (kegunaan) merupakan bagian dari bidang ilmu multi disiplin Human Computer
Interaction (HCI). Disampaikan oleh Nugroho (2009:2) Human Computer Interaction
merupakan bidang ilmu yang berkembang sejak tahun 1970 yang mempelajari bagaimana mendesain tampilan layar komputer dalam suatu aplikasi sistem informasi
agar nyaman dipergunakan oleh pengguna. Usability berasal dari kata Usable yang secara umum berarti dapat digunakan dengan baik. apalagi kegagalan dalam penggunaanya dapat dihilangkan atau diminimalkan serta memberi manfaat dan kepuasan kepada pengguna.
Menurut Joseph
Dumas dan Janice Redish (1999) usability
mengacu kepada bagaimana pengguna bisa mempelajari dan menggunakan produk untuk memperoleh tujuannya dan seberapa puaskah mereka terhadap penggunannya.
Definisi usability
menurut ISO 9241:11 (1998)
adalah sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai
target yang ditetapkan dengan efektivitas, efesiensi dan mencapai kepuasan penggunaan dalam konteks tertentu. Konteks penggunaan terdiri dari pengguna,
tugas, peralatan (hardware, software dan material).
Berdasarkan definisi tersebut usability
diukur berdasarkan komponen :
a. Kemudahan (learnability)
didefinisikanseberapacepatpenggunamahirdalammenggunakansistemsertakemudahandalampenggunaanmenjalankansuatufungsisertaapa
yang penggunainginkandapatmerakadapatkan.
b. Efisiensi (efficiency)
didefenisikansebagaisumberdaya yang dikeluarkangunamencapaiketepatandankelengkapantujuan.
c. Mudahdiingat (memorability)
didefinisikanbagaimanakemapuanpenggunamempertahankanpengetahuannyasetelahjangkawaktutertentu,
kemampuanmengngatdidapatkandaripeletakkan menu yang selalutetap.
d. Kesalahandankeamanan (errors)
didefinisikanberapabanyakkesalahan-kesalahanapasaja yang dibuatpengguna,
kesalahan yang dibuatpenggunamencangkupketidaksesuaianapa yang
penggunapikirkandenganapa yang sebenarnyadisajikanolehsistem.
e. Kepuasan (satisfaction)
didefinisikankebebasandariketidaknyamanan, dansikappositifterhadappenggunaanprodukatauukuransubjektifsebagaimanapenggunamerasatentangpenggunaansistem.
B. Pengukuran
Usability dengan Use Questionnnaire
Kuisioner yang
dapatdigunakanuntukmengukur usability adalah USE,
terdapatbeberapaaspekpengukuran usability menurutIdoyaituefesiensi,
efektivitasdankepuasan.Beberapapenelitian yang sudahdilakukanmenunjukanbahwakebanyakanevaluasiprodukmengacupadatigadimensi.Hasilbeberapapengamatanjugamenunjukanadanyakorelasidansalingmempengaruhiantaraparameter
ease of use dan usefulness.
Faktor
usefulness biasanyakurangpentingjikasistemtersebutbersifatsistem internal dimanapenggunanyabersifatwajib.Kuisionerdibuatdalambentukskorlima
point dengan model skalalikert, untukpengukurantingkatpersetujuan user terhadap
statement hasilpengukurankemudiandiolahdenganmetodastatistikdeskriptifdandilakukananalisisbaikterhadapmasing-masing
parameter atauterhadapkeseluruhan parameter. Use merupakansalahsatupaketkuisioner
non komersial yang dapatdigunakanuntukpenelitian usability sistem.
Menurut Jacob
Nielsen, usability adalahatributkualitas yang menjelaskanataumengukurseberapamudahpenggunaansuatuantarmuka
(interface). Kata “usability” jugamerujukpadasuatumetodeuntukmeningkatkankemudahanpemakaianselama
proses desain. Usability diukurdenganlimakriteria, yaitu: learnability,
efficiency, memorability, errors, dan satisfaction.
·
Learnability : mengukurtingkatkemudahanmelakukantugas-tugassederhanaketikapertama
kali menemuisuatudesain.
·
Efficiency : mengukurkecepatanmengerjakantugastertentusetelahmempelajaridesaintersebut.
· Memorability melihatseberapacepatpenggunamendapatkankembalikecakapandalammenggunakandesaintersebutketikakembalisetelahbeberapawaktu.
·
Errorsmelihatseberapabanyakkesalahan
yang dilakukanpengguna, separahapakesalahan yang dibuat, dansemudahapamerekamendapatkanpenyelesaian.
·
Satisfactionmengukurtingkatkepuasandalammenggunakandesain.
PengujianPenerimaan
(Usability Testing)
Langkahawal usability
testing iniadalahmemberikansejumlah task atautugas yang sudahdipersiapkansebelumnyakepadapenggunasaatberinteraksidengansistem
yang diuji.Task-task inidiberikankepada 25 responden yang berasaldaridosen,
staff karyawan, danmahasiswa yang sudahmengetahuiaplikasi android
sehinggamerekatidaklagimengalamikesulitanpadasaatmelakukan task-task
tersebut.Task-task inidigunakansebagai ‘saranainteraksi’ dalampengukuran usability.Pengukuran
Usability DenganSarana Task Model Dalam User Center Software Development.
Tabel
Task Usability Testing.
Masing-masing
task di atasdapatdijelaskansebagaiberikut :
Task 1.
|
Lakukan
login kedalamsistemsebagai user admin, kemudian logout danlakukanlogin
kembali.
User
dimintamelakukan login sebagai admin, dimulaidarimencaridanmengisi
form
login untukmasukkehalaman admin, selanjutnyadimintauntukmencaritombol logout,
kemudian login kembali.
|
Task 2.
|
Mencariprodukaplikasi
android besertadenganspesifikasinya.
User
dimintauntukmencaritipe-tipe smartphone denganmerktertentu, misalnya:
Android,
Nokia, Blackberry, Samsung, dansebagainya. Task dianggapselesaiketika user
dapatmenemukanaplikasi android besertaspsesifikasinya
|
Task 3.
|
Mengisi
form pada Menu Support untukpencarianaplikasi android.
User
dimintamengklik menu Support kemudianmengisi form pencariansmartphone
sesuaidengan yang diinginkan, misalnya :harga, tebal, resolusikamera,
ukuranlayar, dansebagainya. Semuakriteriadapatdiisiatauhanyabeberapasaja
(yang lain dikosongkan), kemudianmengkliktombolcari. Task dianggapselesaiapabilamunculdaftarprodukatautipe
smartphone hasilrekomendasisistemsesuaidengankriteria yang diinputkanolehuser
dan user dapatmelihatgambarbesertaspesifikasidari smartphone tersebut.
|
Task 4.
|
Menambah,
mengubahdanmenghapus dataaplikasi android padahalamanadmin.
User
dimintauntukmasukpadahalaman admin danmencari form untukmelakukanpenambahan,
pengeditandanpenghapusan data smartphone. Task dianggapselesaiapabila user
berhasilmenambah, mengeditdanmenghapus data smartphone
|
Task 5.
|
Mencariinformasi
update dalamaplikasi web.
User
dimintauntukmencarisalahsatuberitaatauinformasiter-update dalam web sehingga
user dapatmembacakeseluruhanisidariberitaatauinformasiaplikasiandroid
tersebut.
|
Setelahpenggunamenyelesaikansemua
task yang ada, langkahselanjutnyaadalahmembagikankuisionerkepadadosen, staff
karyawan, danmahasiswa yang berisi 15 pertanyaan yang sudahmewakilikelimaaspek
usability.Penggunamengisikuisioner yang sudahdibagikanberdasarkanpengalamannya
(apa yang dilihatdandirasakan) padasaatmelakukan task atautugas-tugastadi.
Menurut Jacob Nielson,
aspek-aspekdalam usability testing inimencakuplimahal, yaitu:
Quesioner
0 komentar:
Posting Komentar