Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Rabu, 15 Juni 2016

Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire

Unknown


Nama                              NIM
Sanda Arga                 :   2013 81 001 
Ikhwan Kurniawan     :   2013 81 087
Ahmad Mujib             :   2013 81 089
Dwi Suryaharyanto    :   2013 81 091

Fakultas Ilmu Komputer
Jurusan Teknik Informatika
Universitas Esa Unggul
2016

A. KajianTentang Usability

Kajian tentang usability (kegunaan) merupakan bagian dari bidang ilmu multi disiplin Human Computer Interaction (HCI). Disampaikan oleh Nugroho (2009:2) Human Computer Interaction merupakan bidang ilmu yang berkembang sejak tahun 1970 yang mempelajari bagaimana mendesain tampilan layar komputer dalam suatu aplikasi sistem informasi agar nyaman dipergunakan oleh pengguna. Usability berasal dari kata Usable yang secara umum berarti dapat digunakan dengan baik. apalagi kegagalan dalam penggunaanya dapat dihilangkan atau diminimalkan serta memberi manfaat dan kepuasan kepada pengguna.
Menurut Joseph Dumas dan Janice Redish (1999) usability mengacu kepada bagaimana pengguna bisa mempelajari dan menggunakan produk untuk memperoleh tujuannya dan seberapa puaskah mereka terhadap penggunannya.
Definisi usability menurut ISO 9241:11 (1998) adalah sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan efektivitas, efesiensi dan mencapai kepuasan penggunaan dalam konteks tertentu. Konteks penggunaan terdiri dari pengguna, tugas, peralatan (hardware, software dan material).
Berdasarkan definisi tersebut usability diukur berdasarkan komponen :
a. Kemudahan (learnability) didefinisikanseberapacepatpenggunamahirdalammenggunakansistemsertakemudahandalampenggunaanmenjalankansuatufungsisertaapa yang penggunainginkandapatmerakadapatkan.
b. Efisiensi (efficiency) didefenisikansebagaisumberdaya yang dikeluarkangunamencapaiketepatandankelengkapantujuan.
c. Mudahdiingat (memorability) didefinisikanbagaimanakemapuanpenggunamempertahankanpengetahuannyasetelahjangkawaktutertentu, kemampuanmengngatdidapatkandaripeletakkan menu yang selalutetap.
d. Kesalahandankeamanan (errors) didefinisikanberapabanyakkesalahan-kesalahanapasaja yang dibuatpengguna, kesalahan yang dibuatpenggunamencangkupketidaksesuaianapa yang penggunapikirkandenganapa yang sebenarnyadisajikanolehsistem.
e. Kepuasan (satisfaction) didefinisikankebebasandariketidaknyamanan, dansikappositifterhadappenggunaanprodukatauukuransubjektifsebagaimanapenggunamerasatentangpenggunaansistem.

B. Pengukuran Usability dengan Use Questionnnaire

Kuisioner yang dapatdigunakanuntukmengukur usability adalah USE, terdapatbeberapaaspekpengukuran usability menurutIdoyaituefesiensi, efektivitasdankepuasan.Beberapapenelitian yang sudahdilakukanmenunjukanbahwakebanyakanevaluasiprodukmengacupadatigadimensi.Hasilbeberapapengamatanjugamenunjukanadanyakorelasidansalingmempengaruhiantaraparameter ease of use dan usefulness.
Faktor usefulness biasanyakurangpentingjikasistemtersebutbersifatsistem internal dimanapenggunanyabersifatwajib.Kuisionerdibuatdalambentukskorlima point dengan model skalalikert, untukpengukurantingkatpersetujuan user terhadap statement hasilpengukurankemudiandiolahdenganmetodastatistikdeskriptifdandilakukananalisisbaikterhadapmasing-masing parameter atauterhadapkeseluruhan parameter. Use merupakansalahsatupaketkuisioner non komersial yang dapatdigunakanuntukpenelitian usability sistem.
Menurut Jacob Nielsen, usability adalahatributkualitas yang menjelaskanataumengukurseberapamudahpenggunaansuatuantarmuka (interface). Kata “usability” jugamerujukpadasuatumetodeuntukmeningkatkankemudahanpemakaianselama proses desain. Usability diukurdenganlimakriteria, yaitu: learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction.
·         Learnability   : mengukurtingkatkemudahanmelakukantugas-tugassederhanaketikapertama kali menemuisuatudesain.
·         Efficiency mengukurkecepatanmengerjakantugastertentusetelahmempelajaridesaintersebut.
·  Memorability melihatseberapacepatpenggunamendapatkankembalikecakapandalammenggunakandesaintersebutketikakembalisetelahbeberapawaktu.
·         Errorsmelihatseberapabanyakkesalahan yang dilakukanpengguna, separahapakesalahan yang dibuat, dansemudahapamerekamendapatkanpenyelesaian.
·         Satisfactionmengukurtingkatkepuasandalammenggunakandesain.

PengujianPenerimaan (Usability Testing)
Langkahawal usability testing iniadalahmemberikansejumlah task atautugas yang sudahdipersiapkansebelumnyakepadapenggunasaatberinteraksidengansistem yang diuji.Task-task inidiberikankepada 25 responden yang berasaldaridosen, staff karyawan, danmahasiswa yang sudahmengetahuiaplikasi android sehinggamerekatidaklagimengalamikesulitanpadasaatmelakukan task-task tersebut.Task-task inidigunakansebagai ‘saranainteraksi’ dalampengukuran usability.Pengukuran Usability DenganSarana Task Model Dalam User Center Software Development.


Tabel Task Usability Testing.
Masing-masing task di atasdapatdijelaskansebagaiberikut :
Task 1.
Lakukan login kedalamsistemsebagai user admin, kemudian logout danlakukanlogin kembali.
User dimintamelakukan login sebagai admin, dimulaidarimencaridanmengisi
form login untukmasukkehalaman admin, selanjutnyadimintauntukmencaritombol logout, kemudian login kembali.
Task 2.
Mencariprodukaplikasi android besertadenganspesifikasinya.
User dimintauntukmencaritipe-tipe smartphone denganmerktertentu, misalnya:
Android, Nokia, Blackberry, Samsung, dansebagainya. Task dianggapselesaiketika user dapatmenemukanaplikasi android besertaspsesifikasinya
Task 3.
Mengisi form pada Menu Support untukpencarianaplikasi android.
User dimintamengklik menu Support kemudianmengisi form pencariansmartphone sesuaidengan yang diinginkan, misalnya :harga, tebal, resolusikamera, ukuranlayar, dansebagainya. Semuakriteriadapatdiisiatauhanyabeberapasaja (yang lain dikosongkan), kemudianmengkliktombolcari. Task dianggapselesaiapabilamunculdaftarprodukatautipe smartphone hasilrekomendasisistemsesuaidengankriteria yang diinputkanolehuser dan user dapatmelihatgambarbesertaspesifikasidari smartphone tersebut.
Task 4.
Menambah, mengubahdanmenghapus dataaplikasi android padahalamanadmin.
User dimintauntukmasukpadahalaman admin danmencari form untukmelakukanpenambahan, pengeditandanpenghapusan data smartphone. Task dianggapselesaiapabila user berhasilmenambah, mengeditdanmenghapus data smartphone
Task 5.
Mencariinformasi update dalamaplikasi web.
User dimintauntukmencarisalahsatuberitaatauinformasiter-update dalam web sehingga user dapatmembacakeseluruhanisidariberitaatauinformasiaplikasiandroid tersebut.

Setelahpenggunamenyelesaikansemua task yang ada, langkahselanjutnyaadalahmembagikankuisionerkepadadosen, staff karyawan, danmahasiswa yang berisi 15 pertanyaan yang sudahmewakilikelimaaspek usability.Penggunamengisikuisioner yang sudahdibagikanberdasarkanpengalamannya (apa yang dilihatdandirasakan) padasaatmelakukan task atautugas-tugastadi.
Menurut Jacob Nielson, aspek-aspekdalam usability testing inimencakuplimahal, yaitu:


Quesioner





Unknown / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates